Pemberdayaan Ekonomi jadi Program Prioritas Jatman Subang

Share to :

Subang, NU Online Subang

Idaroh Syu`biyah Jam’iyyah Ahlith Thariqah aI-Muktabarah an-Nahdliyah (JATMAN) Kabupaten Subang menyelenggarakan Rapat Pleno Pengurus di Pondok Tahfidz Raudhatul Uluum, Kp. Cijere Hilir, Desa Tenjolaya, Kecamatan Kasomalang, Subang, Ahad (13/6)

Rapat Pleno tersebut merupakan tindak lanjut dari amanat Musyawarah Kerja (Muker) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Rapat Pleno tersebut juga bertujuan untuk membahas hasil-hasil Muker terutama penjabaran program kerja untuk Tahun Kerja 2021-2022.

 

Mudir Jatman Subang, KH. Dadan Hamdani dalam sambutannya mengatakan bahwa Jatman Subang akan terus menerus berikhtiar memasyarakatkan thoriqoh dan men-thoriqohkan masyarakat sekaligus meningkatkan sinergitas antara Ulama, Umara, TNI dan Polri.

 

“Sebagaimana amanat Rois `Am Jatman, Abah Habib Luthfi bin Yahya yang tertuang pada tema kegiatan yakni Membumikan Nilai-nilai Luhur Thoriqoh untuk memperkokoh NKRI,” kata Pengasuh Pesantren Daarul Fataa, Cinangsi, Cibogo, Subang itu.

 

Selain itu, kata Kiai Dadan, Jatman Subang juga punya program prioritas berupa pemberdayaan ekonomi untuk kesejahteraan umat agar bisa mewujudkan doa sapu jagat sebagaimana yang sering kita bacakan; fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah.

 

Senada dengan Kiai Dadan, Sekretaris Jatman Subang, K Uung Mashuri Rasta menjelaskan, program prioritas pemberdayaan ekonomi tersebut akan direalisasikan dengan cara mendirikan koperasi, dan badan usaha seperti air mineral, travel haji dan umroh, serta bidang properti.

 

“Hal ini tentu saja tidak bertentangan dengan konsep dan ajaran tasawuf, sebab hal yang dilarang adalah hubbud dunya, yaitu mencintai dan menomorsatukan sesuatu selain Allah SWT, dan hubbud dunya sendiri adalah persoalan hati, bukan persoalan materi,” tambahnya.

 

Kiai Uung menambahkan, Jatman Subang juga akan membentuk kepengurusan Muslimat Thoriqiyyah, melalui wadah tersebut akan dilaksanakan pengajian bulanan di 30 kecamatan secara bergiliran.

 

“Selain itu kita juga akan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak seperti TNI, Polri, Dinas/Instansi terkait, BUMN,” imbuhnya.

 

Rapat Pleno tersebut diawali dengan Acara Pendahuluan diisi dengan Tawassul dipimpin oleh K. Bahrudin, ucapan selamat datang dari Tuan Rumah/Pimpinan Ponpes raudlatul Ulum (K. Atep abdul Gopar), sambutan Mudir (KH. Dadan Hamdani) dan Pengarahan para Wakil Mudir (KM. Luthfi Almaghribi/Gus Luthfi dan KH. Muhammad Abdul Mu’min/Abah Maung Subang).

Baca juga: Muker Jatman Subang Perkuat Peran Bidang Ekonomi dan Bela Negara

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan hasil Muker diantaranya Penjabaran Program Kerja yang dipimpin oleh Sekretaris Jatman Subang (K. Uung Mashuri Rasta) didampingi oleh para pemandu bidang program yakni Program Keorganisasian dan Program Pendanaan/Ekonomi oleh K. Abrehom, Bidang Pembinaan dan Pengkaderan dan Bidang Sejarah/Kebudayaan oleh KH. Muhammad Yusuf, Bidang Hubungan Antar Lembaga oleh Mas Gilang Kusuma Adipratama, dan untuk Bidang Program MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nahdliyah) oleh Ketua PC Matan Subang, Ust. Abdul Iman Azmat.