Tingkatkan Pelayanan, Jam’iyah Ruqyah Aswaja Subang Cetak Puluhan Praktisi

Share to :

Subang, NU Subang Online

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan kuantitas kader, Pengurus Cabang Yayasan Jam’iyah Ruqyah Aswaja (PC YJRA) Kabupaten Subang mengadakan kegiatan Pelatihan Ruqyah di Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in, Wera dan diikuti oleh 78 peserta dari berbagai kecamatan, Selasa (14/9/2021).

“Diharapkan dengan kegiatan pelatihan ini bisa memperbanyak jumlah praktisi sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Ketua PC YJRA Kabupaten Subang, KH Asep Saepudin di lokasi kegiatan.

Pengasuh Pesantren Azzahra itu menambahkan, dengan meningkatnya jumlah praktisi diyakini dapat memudahkan masyarakat, khususnya warga NU untuk mendapatkan akses layanan kesehatan melalui metode ruqyah.

“Tindak lanjutnya adalah sekaligus untuk persiapan pembentukan Pengurus Anak Cabang (PAC) di beberapa kecamatan yang ada di Kabaupaten Subang, ” tambahnya.

Dijelaskan Kiai Asep, Yayasan Jam’iyyah Ruqyah Aswaja ini secara bertahap menyelenggarakan pelatihan Ruqyah serta Bekam, Totok dan Gurah (Bektogur). Selain itu juga menyediakan produk-produk herbal untuk menunjang kesehatan.

Sementara itu, Mu`jiz JRA KH. Allamah Alaudin Shidiqi , M.Pd.I yang didaulat sebagai instruktur menyampaikan bahwa metode pengobatan ruqyah bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit yang bersumber dari medis dan nonmedis.

“Termasuk psikologis dapat diterapi dengan pendekatan Qur`ani sebagai syifa diantaranya dengan ruqyah,” ungkap pria yang biasa disapa Gus Amak itu.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ammak menjelaskan tentang ruqyah mulai dari asal-usul, sumber, serta solusi atas penyakit. Selain itu, ia juga menyampaikan cara, tahapan dan langkah yang perlu dilakukan oleh praktisi ruqyah termasuk ketika berhadapan dengan santet

Di ujung pelatihan, peserta dinilai oleh mu’jiz dengan beberapa kategori, yakni bisa langsung meruqyah orang lain dan harus meruqyah diri sendiri terlebih dahulu dalam tempo sekian hari sebelum meruqyah orang lain.

Selain kegiatan pelatihan, dalam kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini juga dilantik sejumlah Pengurus Anak Cabang (PAC) JRA, yakni PAC JRA Kalijati, Purwadadi, dan Cipeundeuy.

Baca juga: Jam’iyyah Ruqyah Aswaja telah resmi menjadi Sayap Organisasi LDNU

Turut hadir di acara ini Ketua PW YJRA Jawa Barat, KH. Saeful Ulum, Ketua PCNU Subang, KH. Satibi, Ketua LDNU Subang, KH. Totoh Miftahul Falah.

Pewarta: Anis H. Karim