Sukseskan Peringatan Harlah, PCNU Subang ‘Patungan’

Share to :

Subang, NUSubang.or.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Subang menggelar kegiatan Peringatan Hari Lahir NU yang ke-94 versi Masehi dan ke-97 versi Hijriyah serta Hari Lahir Muslimat NU yang ke-74 di alun-alun Kabupaten Subang. Rabu (11/3/2020).

KHToto Ubaidillah Haz. S.Pd saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Harlah NU di Alun-alun Subang

Dalam kegiatan yang mengusung tema Meneguhkan Kemandirian NU untuk Perdamaian Dunia ini para panitia “Ngabret” mengumpulkan dana secara mandiri melalui patungan dari para pengurus.

“Sesuai dengan tema besar yang diusung PBNU kami mengadakan kegiatan ini secara mandiri melalui patungan para pengurus PCNU, banom, lembaga dan juga MWCNU,”Ungkap Ketua Panitia kegiatan, KH Toto Ubaidillah Haz, S.Pd usai kegiatan.

Wakil Ketua PCNU Subang itu menambahkan, selain dari internal pengurus NU, para panitia juga mengumpulkan donasi dari pihak luar mulai dari pemerintah, perusahaan, pengusaha dan pihak lain yang tidak mengikat dan punya kepedulian dengan kegiatan NU.

“Selain menjalankan arahan dari PBNU yang menginginkan NU mandiri, hal ini juga sebagai upaya kami dalam melaksanakan perintah Al-Quran yaitu jihad dengan harta,”ujarnya.

Ditambahkannya, dengan mengumpulkan donasi yang dimulai dari diri sendiri memberi dampak psikologis kepada para panitia diantaranya adalah saat mengajukan proposal kepada pihak luar tidak terlalu banyak berharap.

“Kami mengajukan proposal kepada pihak luar karena kami hanya ingin memfasilitasi mereka yang ingin bersedekah khususnya kepada NU,”tambahnya.

Diakuinya, donasi yang masuk dari para pengurus NU belum bisa dihitung secara detail namun secara garis besar dana yang diperoleh untuk kesuksesan kegiatan peringatan Harlah NU ini mencapai puluhan juta rupiah.

“Semua data keuangan tercatat dengan rapi dan detail oleh bendahara panitia, nanti beliau akan melaporkannya saat rapat evaluasi, yang pasti Insya Allah ada saldo untuk kas PCNU Subang”tandasnya.

Diceritakannya, pada bulan Rabi’ul awal kemarin PCNU Subang menggelar kegiatan Peringatan Maulid Nabi dengan mengumpulkan dana melalui pola yang sama seperti pada peringatan Harlah ini, hasilnya pun cukup memuaskan bahkan punya saldo lebih.

“Pada Peringatan Maulid Nabi kemarin pun panitia berhasil menyisakan saldo sebesar Rp. 3.200.000,”pungkasnya