Peringati Harlah NU, LFNU Subang Gelar Bimtek Falakiyah

Share to :

Subang, NU Subang Online

PCNU Kabupaten Subang melalui Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Subang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Falakiyah sebagai salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan Harlah NU ke-96 versi masehi dan Harlah Ke-99 versi hijriyah yang puncaknya jatuh pada tanggal 23 Februari 2022 mendatang.

Wakil Ketua LFNU Subang Yadi Subhan menjelaskan, kegiatan bimtek ini sengaja dilaksanakan agar menggairahkan kembali disiplin ilmu yang penting dalam agama islam yaitu ilmu falakiyah, sebab ilmu ini sangat berguna untuk menentukan ibadah khususnya shalat dan puasa.

“Bimtek ini sengaja kami laksanakan, tiada lain untuk menggairahkan kembali disiplin ilmu yang penting bagi bidang keagamaan karena ilmu Falakiyah ini terkait dengan amaliah ibadah umat muslim,” kata Yadi di Aula Gedung PCNU Kabupaten Subang, Jl. Darmodiharjo No.4, Kelurahan Sukamelang, Selasa (15/02/2022).

Menurutnya, saat ini ilmu falakiyah sudah mulai kurang diminati oleh masyarakat padahal keberadaan ilmu ini dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat hal tersebut kegiatan bimtek ini merupakan sebuah kewajiban bagi pengurus Lembaga Falakiyah untuk mengembangkan kembali  ilmu falakiyah.

“Jangan sampai ilmu ini hilang begitu saja tanpa ada generasi  yang melanjutkannya padahal ilmu ini sangat penting bagi amaliah ibadah” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Yadi juga mengemukakan contoh amaliah ibadah yang paling sederhana. Pertama, terkait dengan pelaksanaan Shalat mulai dari arah kiblat hingga menentukan waktu Shalat.

“Memang pada saat ini masyarakat tinggal memanfaatkan saja, tapi di balik itu ada peran para kiai dan ulama dalam menyusun jadwal shalat tersebut” tutur Yadi.

Kemudian, sambungnya, yang tidak kalah pentingnya adalah penentuan awal bulan hijriah seperti penentuan awal bulan Ramadhan dan bulan Syawal yang juga sering terjadi perbedaan pendapat.

“Ini sering terjadi Ikhtirab atau perbedaan pendapat. Nah, ini dari ilmu Falak, maka ini sangat penting untuk menggairahkan kembali ilmu falak dan menyamakan persepsi tentang ilmu falak ini” lanjutnya.

Selain itu, Yadi berkata bahwa pada pertemuan ini akan dihasilkan jadwal imsyaqiah untuk bulan Ramadhan di tahun ini, meskipun memang akan ada sedikit perbedaan.

Baca juga:

“Insya Allah hari ini akan terlahir jadwal imsyaqiah untuk bulan Ramadhan pada tahun ini” pungkasnya.