Pengurus MWCNU Kasomalang Bentuk UPZISNU untuk Kemandirian Umat

Share to :

Subang, NU Subang Online

Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kasomalang membentuk Unit Pengumpul Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) untuk membangkitkan perekonomian umat. Proses pembentukan UPZISNU tersebut dipimpin oleh pengurus NU Care-Lazisnu Kabupaten Subang dan berlangsung di Pesantren Al-Muslimun Al-Musri 1, Desa Cimanglid, Kasomalang. Ahad (14/2/2021).

Musyawarah pembentukan Pengurus UPZISNU Kecamatan Kasomalang

Ketua NU Care-Lazisnu Kabupaten Subang, H. Parahutan Harahap yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa ada beberapa manfaat dengan dibentuknya lembaga pengelola zakat, infaq dan sedekah seperti UPZISNU, diantaranya adalah bisa berjamaah dalam membangkitkan ekonomi umat khususnya warga NU.

“Dengan dibentuknya UPZISNU kita warga NU bisa mandiri tanpa harus mengandalkan orang lain karena sirkulasi keuangan warga NU berputar di sini, jadi ada semacam subsidi silang antar warga Nahdliyin,”ujarnya.

Pria yang biasa dipanggil Haji Abang ini menjelaskan bahwa UPZISNU punya empat fokus bidang yang menjadi program unggulan yaitu bidang Pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi dan kebencanaan.

“Target fundraising NU Care-Lazisnu Kabupaten Subang di tahun 2021 ini bisa tembus sampai angka Rp 1 Milyar dan Insya Allah cita-cita tersebut bisa terwujud jika semua UPZISNU bisa berjalan,”imbuhnya.

Sementara itu, Rais MWCNU Kasomalang, K. Sirojul Munir mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pembentukan UPZISNU karena hal ini sesuai dengan cita-cita dan program kerja MWCNU Kasomalang.

“Karena kebetulan kita sudah punya koperasi jadi secara visi dan misi pembentukan UPZISNU ini sudah sesuai dengan program kami dalam meningkatkan kesejahteraan warga NU khususnya di Kasomalang,”paparnya.

Baca juga: Ketua PCNU Subang: Bergeraklah Koperasi NU!

Dalam kesempatan yang sama, Ketua UPZISNU Kasomalang terpilih, Ajengan Ahmad Fauzi Abdilah, menambahkan bahwa dengan adanya UPZISNU di Kecamatan Kasomalang bisa menjadi kekuatan baru dalam menggenjot dan meningkatkan kemandirian umat khususnya warga NU.

“Dengan didirikannya UPZISNU diharapkan warga NU Kasomalang bisa menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui UPZISNU Kasomalang,”harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Pengurus MWCNU Kasomalang, Muslimat NU, GP Ansor, Banser,  Pengurus NU-Care LAZISNU Kabupaten Subang, tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Berdasarkan hasil musyawarah disepakati bahwa pengurus UPZISNU Kecamatan Kasomalang adalah sebagai berikut:

Dewan Penasehat : Kiayi Sirul Munir,

Dewan Pembina : Ajengan Apin Salim,

Dewan Pengurus:

Ketua : Ajengan Ahmad Fauzi Abdilah,

Wakil Ketua : Ajengan Asep Syamsudin,

Sekretaris : Ajengan Ifan Rohmatullloh,

Wakil Sekretaris : Ajengan Ade Taryana,

Bendahara : Ajengan Cucu Sulaeman,

Wakil Bendahara : Ajengan Yayat Ruchiyat,

Bidang Pendidikan : Afif Nurseha, M.Pd., Yoga Ahmad Wardana, Enung Siti Nurjanah,

Bidang Kesehatan : Ustadzah Maryanti, Ustadzah Apon, Ustadzah Hj. Elah,

Bidang Ekonomi : Ustadzah Cucu Sapaah, Ustadzah N. Epon, Ustadzah Tina Nuraeni,

Bidang Kebencanaan : H. Joko Setiyono, Opik Hidayat. (Pewarta: AN)