Belajar Kelola Ekonomi Umat, PCNU Subang Studi Banding ke Sragen

Share to :

Subang, NUSubang.or.id – Kemandirian ekonomi PCNU Sragen yang memiliki sirkulasi keuangan hingga milyaran rupiah berhasil menjadi sorotan publik. Di antara warga NU yang ingin belajar tentang ekonomi NU Sragen adalah PCNU Subang yang diwujudkan dengan kegiatan studi banding ke kantor PCNU Sragen, Jawa Tengah. Ahad (12/1/2020).

Pengurus PCNU Subang dan MWCNU Dawuan di Kantor PCNU Sragen

“Alhamdulillah rombongan PCNU Subang diterima pengurus PCNU Sragen dan kami mendapat banyak hikmah dan pelajaran,”Ungkap Ketua PCNU Subang, KH Satibi, S.Pd.I, MM usai menggelar pertemuan dengan Ketua PCNU Sragen, KH Ma`ruf  Islamuddin

Kiai Satibi berharap, materi dan pelajaran yang diberikan PCNU Sragen bisa ditiru dan diterapkan di Subang agar bisa mandiri secara ekonomi dan semua agenda program organisasi yang sudah dicanangkan bisa dilaksanakan karena program kerja biasanya erat kaitannya dengan anggaran operasional.

Ketua PCNU Sragen menyampaikan materi gerakan KOIN NU

“Minimal jika ada kegiatan organisasi kita tidak perlu lagi mengajukan proposal karena angaran tersebut sudah siap dikucurkan,”harapnya.

Diceritakannya, PCNU Sragen berhasil mengumpulkan dan mengelola koin NU dari masyarakat hingga milyaran rupiah tidak lepas dari kegigihan dan keseriusan pengurus serta kesadaran dan keikhlasan masyarakat setempat.

“Kedua belah pihak ini harus bisa sinergi, jika salah satunya mlempem bisa dipastikan akan sulit berhasil,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memulai dari pengurus terlebih dahulu supaya ada kemudahan untuk mengajak orang lain karena sudah dicontohkan.

“Langkah awal kita akan membuat proyek percontohan di MWCNU Dawuan yang sudah merintis gerakan Koin NU sejak beberapa bulan yang lalu, makanya PCNU Subang berangkat ke Sragen dengan MWCNU Dawuan,”tandasnya

Lebih lanjut Kiai Satibi menjelaskan bahwa gerakan ekonomi NU di Kabupaten Subang masih didominasi wilayah selatan melalui Koperasi Muamalat MWCNU Kasomalang, dengan dirintisnya gerakan Koin NU di Dawuan diharapkan bisa menyebar ke wilayah tengah dan utara Subang.

“Untuk lebih menguatkan, Insyaallah pada acara Peringatan Harlah NU besok kami akan mengundang Ketua PCNU Sragen untuk memberikan pembekalan kepada para pengurus PCNU dan MWCNU se-Kabupaten Subang,”tutupnya