PCNU Subang Sosialisasikan Program Koin NU di Subang Selatan

Share to :

Subang, NUSubang.or.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) bersama Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah (Lazisnu) serta Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Subang menyambangi 7 pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat NU, GP Ansor dan Fatayat yang ada di wilayah Subang selatan (Cisalak, Jalancagak, Kasomalang, Ciater, Serangpanjang, Sagalaherang, Tanjungsiang).

Kegiatan silaturahim ini berlangsung di Kantor Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Muamalat NU Kasomalang yang berlokasi di Jalan Karihkil No. 52, RT.005 /RW.02, Kasomalang Kulon, Subang, Kabupaten Subang. Jum’at (4/9/2020)

Ketua PCNU Kabupaten Subang, KH Satibi mengatakan bahwa ia bersama rombongan sengaja mengunjungi para pengurus MWCNU dan PAC Badan Otonom NU yang ada di wilayah Subang selatan ini untuk bersilaturahim sekaligus menyampaikan sosialiasi Koin NU.

“Koin NU atau lebih tepatnya Koin Muktamar sudah menjadi program nasional yang dicanangkan oleh PBNU sebab sudah saatnya NU bangkit secara ekonomi,”ujarnya.

Ditambahkan Kiai Satibi, kemandirian NU sedang menjadi trending topik di kalangan nahdliyin sebab Muktamar ke-34 NU yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan oktober itu mengangkat tema “Meneguhkan Kemandirian NU untuk Perdamaian Dunia”.

“Namun Muktamar ke-34 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan oktober besok terpaksa diundur sebab ada pandemi,”tambahnya.

Kiai Satibi kemudian menceritakab sejarah awal-awal berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama yang tidak lepas dari spirit perjuangan ekonomi di kalangan para santri hal ini bisa dibuktikan dengan fakta sejarah berupa Nahdlatut Tujar (Kebangkitan Para Pedagang) yang lahir beberapa tahun sebelum lahirnya Komite Hijaz yang kemudian organisasi tersebut berubah menjadi Nahdlatul Ulama.

“Semangat Nahdlatut Tujar ini sedang dibangkitkan kembali supaya warga NU bisa mandiri secara ekonomi,”imbuhnya.

Baca juga: NU Care-Lazisnu Subang Bentuk UPZIS di Tingkat Kecamatan

Dalam kesempatan tersebut Kiai Satibi sangat mengapresiasi MWCNU Kasomalang yang telah sukses mengelola Koperasi dengan omzet lebih dari Rp 3 milyar, ia pun meminta kepada para pengurus MWCNU dan PAC Badan Otonom NU yang ada di Subang selatan untuk turut serta membantu mensukseskan program Koin NU yang saat ini sudah menjadi program unggulan PCNU Subang.

Setelah melakukan sosialisasi Koin NU di daerah Subang selatan, tim PCNU melanjutkan kegiatan yang sama di MWCNU Subang kota.