NU Care-Lazisnu Subang Bentuk UPZIS di Tingkat Kecamatan

Share to :

Subang, NUSubang.or.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Subang melalui NU Care – Lazisnu (Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama) terus berikhtiar dalam mewujudkan kemandirian umat, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membentuk pengurus Unit Pengelola Zakat Infak dan Sodakoh (UPZIS) di tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Subang.

Ketua NU Care – Lazisnu Kabupaten Subang, Drs. H. Parrahutan Harahap melantik pengurus UPZIS Kecamatan Sukasari

“Saat ini sudah ada 4 UPZIS yang dibentuk yaitu UPZIS Pamanukan, Binong, Tambakdahan dan sekarang Sukasari ini,”Ujar Ketua NUCare – Lazisnu Kabupaten Subang, Drs. H. Parrahutan Harahap usai melantik UPZIS Kecamatan Sukasari yang digelar di Majelis Ta`lim Dzikrul Ghofilin, Desa Batangsari. Rabu (2/9/2020).

Dikatakannya, NU Care – Lazisnu Subang sudah menjalin komunikasi dan kordinasi dengan beberapa pengurus MWCNU se-Kabupaten Subang agar merekomendasikan beberapa orang yang siap berkhidmat menjadi pengurus UPZIS di wilayahnya masing-masing.

“Beberapa MWCNU sudah kita berikan formatnya untuk diisi, kalau semuanya sudah siap nanti kita proses seperti di Sukasari ini, semua juknisnya sudah siapkan,”tambahnya.

Pria yang biasa disapa Haji Abang ini menyampaikan bahwa UPZIS ini mempunyai tugas sebagai kepanjangan tangan dari NU Care – Lazisnu Subang diantara tugasnya adalah melakukan distribusi kaleng NU kepada warga nahdliyin di wilayahnya dan setiap satu bulan sekali mengumpulkan koin yang ada dalam kaleng tersebut.

“Tahapan-tahapannya dari mulai pengumpulan sampai laporan semua sudah ada dalam juknis itu,”imbuhnya.

Dalam Juknis tersebut, kata Haji Abang, dijelaskan bahwa setiap sepuluh hari dalam satu bulan ada kegiatannya masing-masing mulai dari pengumpulan koin dari warga NU sampai pelaksanaan laporan kepada publik.

“Uang yang masuk dan keluar akan kita laporkan dengan detail, laporan fisiknya melalui kertas semacam buletin dan laporan digitalnya melalui media sosial dan website PCNU Subang yang beralamat di https://nusubang.or.id/, dengan adanya laporan ini diharapkan kepercayaan masyarakat kepada Lazisnu bisa tetap terjaga,”tandasnya.

Selain itu, sambungnya, pada hari rabu kedua setiap bulan akan dilaksanakan pertemuan atau rapat koordinasi antara NU Care – Lazisnu Subang dengan para pengurus UPZIS untuk membahas perkembangan terkini sekaligus berbagi pengalaman selama di lapangan.

Turut hadir dalam acara pelantikan UPZIS Sukasari ini, Ketua PCNU Subang, KH Satibi, jajaran pengurus MWCNU Sukasari dan para pengurus NU Care-Lazisnu Kabupaten Subang serta masyarakat sekitar.