PCNU Subang Jajaki Pendirian Koperasi

Share to :

PCNU Subang Jajaki Pendirian Koperasi

Subang, NUsubang.or.id
Dalam rangka menguatkan kemandirian ekonomi jam’iyah dan jamaah NU, PCNU Kabupaten Subang berencana akan mendirikan lembaga ekonomi dalam bentuk koperasi atau Baitul Mal wat Tamwil (BMT), diantara manfaatnya adalah agar dalam melaksanakan program dan kegiatan NU tidak perlu mengandalkan bantuan donatur melalui proposal.

Demikian disampaikan KH Musyfiq Amrullah, Ketua PCNU Subang dalam rapat reboan di Kantor PCNU Subang, Jln Darmoharjo Nomor 4, Sukamelang, Subang, Rabu (1/11).

Dalam rapat yang dihadiri praktisi ekonomi tersebut, Kiai Musyfiq mengatakan bahwa selama ini wacana kemandirian ekonomi dalam tubuh NU sudah lama digulirkan namun selalu terkendala dalam tataran teknis.

“Masalah klasik dalam kegiatan-kegiatan kita ini lagi-lagi di dana, kita ingin ke depan masalah tersebut bisa segera teratasi dengan didirikannya mesin ekonomi organisasi yang mapan,” tambah Pengasuh Pesantren Attawazun ini.

Ditambahkannya, potensi warga NU sangat luar biasa karena jumlah warga NU cukup banyak, namun sayangnya potensi ini tidak tergali dan belum terakomodir dengan maksimal sehingga permasalahan ekonomi warga NU ini masih belum mendapatkan solusi yang pasti.

“Langkah selanjutnya kita akan segera membentuk tim khusus yang bertugas mendirikan koperasi atau BMT NU Subang,” tandasnya.

Dikatakannya, periode kepengurusan PCNU Subang saat ini tinggal satu tahun lagi dan karena Lembaga Perekonomian NU yang bertugas menangani pendirian koperasi atau BMT ini dinyatakan vakum maka sekaligus akan ada peremajaan kepengurusan LPNU Subang.

“Insyaallah sebelum periode kepengurusan kita habis, koperasi atau BMT NU Subang sudah berdiri,” pungkasnya. (Aiz Luthfi/Fathoni)