PCNU Subang Inisiasi Peringatan Hari Santri Setingkat Daerah

Share to :

Subang, NU Online Kegiatan peringatan Hari Santri Nasional yang diinisasi oleh PCNU Kabupaten Subang rencananya akan melibatkan Kanwil Kemenag Jawa Barat dan levelnya akan naik menjadi kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional tingkat provinsi Jawa Barat. Demikian disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Subang H Abdurrohim dalam kegiatan rapat gabungan membahas persiapan Hari Santri Nasional di aula Kementerian Agama Kabupaten Subang, Jumat (13/10). "Awalnya saya melapor rencana kegiatan Hari Santri ini ke Pak Kanwil Jawa Barat karena dalam kegiatan ini Kemenag Subang akan membagikan rekening PIP kepada 500 santri dan ia merespon positif bahkan berencana akan berpartisipasi dalam kegiatan ini," ungkapnya. Sebelumnya Kanwil Kemenag Jawa Barat memiliki rencana akan menggelar kegiatan Hari Santri Nasional di Bandung pada tanggal 26 Oktober mendatang, namun setelah mendapatkan informasi bahwa PCNU Subang telah bekerja sama dengan Kemenag Subang dan SKPD Subang, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat berkeinginan agar kegiatan peringatan Hari Santri ini digabung supaya lebih meriah, efektif dan efesien. "Keputusan jadi atau tidaknya Insyaallah hari Senin atau Selasa, tapi 70 persen kemungkinan jadi karena Pak Kanwil sudah berkomunikasi dengan Kiai Musyfiq (Ketua PCNU Subang, red) membahas kegiatan ini," imbuhnya. Dalam rapat yang melibatkan PCNU Subang, SKPD, Kemenag dan Ormas Islam itu, KH Dadan Hamdani yang mewakili PCNU Subang menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional, yaitu halaqah ulama tarekat Subang, bahtsul masa'il gabungan tiga zona dan puncaknya adalah apel akbar, kirab dan tabligh akbar yang akan diisi oleh KH Manarul Hidayat. "Hari Ahad besok kita ada halaqah ulama tarekat, hari Rabu bahtsul masail di kantor PCNU dan Ahad 22 Oktober di Kemenag kita menggelar apel akbar santri dan pelepasan rombongan kirab menuju alun-alun Subang. Puncak kegiatan akan kita laksanakan di alun-alun," pungkasnya. (Aiz Luthfi/Alhafiz K)

Subang, NUsubang.or.id
Kegiatan peringatan Hari Santri Nasional yang diinisasi oleh PCNU Kabupaten Subang rencananya akan melibatkan Kanwil Kemenag Jawa Barat dan levelnya akan naik menjadi kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional tingkat provinsi Jawa Barat.

Demikian disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Subang H Abdurrohim dalam kegiatan rapat gabungan membahas persiapan Hari Santri Nasional di aula Kementerian Agama Kabupaten Subang, Jumat (13/10).

“Awalnya saya melapor rencana kegiatan Hari Santri ini ke Pak Kanwil Jawa Barat karena dalam kegiatan ini Kemenag Subang akan membagikan rekening PIP kepada 500 santri dan ia merespon positif bahkan berencana akan berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Sebelumnya Kanwil Kemenag Jawa Barat memiliki rencana akan menggelar kegiatan Hari Santri Nasional di Bandung pada tanggal 26 Oktober mendatang, namun setelah mendapatkan informasi bahwa PCNU Subang telah bekerja sama dengan Kemenag Subang dan SKPD Subang, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat berkeinginan agar kegiatan peringatan Hari Santri ini digabung supaya lebih meriah, efektif dan efesien.

“Keputusan jadi atau tidaknya Insyaallah hari Senin atau Selasa, tapi 70 persen kemungkinan jadi karena Pak Kanwil sudah berkomunikasi dengan Kiai Musyfiq (Ketua PCNU Subang, red) membahas kegiatan ini,” imbuhnya.

Dalam rapat yang melibatkan PCNU Subang, SKPD, Kemenag dan Ormas Islam itu, KH Dadan Hamdani yang mewakili PCNU Subang menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional, yaitu halaqah ulama tarekat Subang, bahtsul masa’il gabungan tiga zona dan puncaknya adalah apel akbar, kirab dan tabligh akbar yang akan diisi oleh KH Manarul Hidayat.

“Hari Ahad besok kita ada halaqah ulama tarekat, hari Rabu bahtsul masail di kantor PCNU dan Ahad 22 Oktober di Kemenag kita menggelar apel akbar santri dan pelepasan rombongan kirab menuju alun-alun Subang. Puncak kegiatan akan kita laksanakan di alun-alun,” pungkasnya. (Aiz Luthfi/Alhafiz K)