PCINU Jerman Umumkan Tanggal 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Hari…

Share to :

Subang, NU Online Subang
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jerman merilis penetapan tanggal 1 Syawal 1442 H akan jatuh pada hari Kamis tanggal 14 Mei 2021 M. Dengan demikian tanggal tersebut dijadikan sebagai dasar bagi warga Jerman pada khususnya dan Eropa pada umumnya untuk melaksanaan hari raya idul fitri pada tahun 2021 ini.

“Pengumuman penetapan 1 Syawal 1441H. Berdasarkan prediksi ilmiah perhitungan ilmi falak sistem hisab kontemporer Nautical Almanac Insya Allah akan jatuh pada: Kamis, 13 Mei 2021,” tulis akun Fanspage Facebook PCINU Jerman. Sabtu (9/5/2021).

Dalam postingan tersebut dilengkapi dengan beberapa gambar yang berisi pengumuman untuk kaum muslimin dan muslimat di Jerman.

Rilis yang dikeluarkan PCINU Jerman ini berdasarkan penelitian dan pengamatan yang dilakukan oleh kiai asal Banten yang punya keahlian di bidang ilmu falak, KH Mohammad Thobary Syadzili.

PCINU Jerman memposting pengumuman tersebut tentu saja karena pemerintahan di sana tidak seperti Indonesia yang mempunyai Kementerian Agama (Kemenag).

Kemenag sendiri akan menggelar sidang isbat pada hari Selasa tanggal 29 Ramadhan 1442 H, dalam sidang tersebut akan diputuskan tanggal 1 Syawal 1442 H dan langsung diumumkan secara resmi.