NU Subang Selenggarakan Bahtsul Masail Gabungan

Share to :

Subang, NU Online Subang

Bahtsul Masail merupakan salah satu bentuk kajian atas aneka masalah yang dicarikan solusi hukumnya dengan merujuk kepada kitab kuning dengan didukung disiplin keilmuan lainnya. Ini adalah salah bentuk kajian hukum yang penting dan masih hidup di kalangan Nahdlatul Ulama, acara ini juga bisa sebagai ajang silaturrahmi dan pengayaan wawasan di kalangan para kyai NU.

Ketua PC LBM NU serahkan buku hasil Bahtsul Masail kepada Ketua PCNU Subang

Mengenai hal ini, Pengurus Cabang Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (PC LBM NU) Kabupaten Subang menyelenggarakan kegiatan gabungan bahtsul masail di aula PCNU Subang. Rabu (10/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Ketua PC LBM NU Kabupaten Subang, KH. Ridwan Farid atau yang lebih dikenal dengan Aby Iiq melaporkan semua kegiatan bahtsul masail yang selama ini terus digairahkan, selain itu ia pun menyerahkan buku hasil bahtsul masail yang diselenggarakan berdasarkan zona dan bahtsul masail gabungan di pcnu subang kepada Ketua PCNU Subang, KH. Satibi.

“Biasanya kegiatan bahtsul masail ini  dilakukan dengan dibagi 3 zona yaitu Zona Subang Utara, Subang Tengah dan Subang Selatan.  Masing-masing zona terdiri dari sekitar 10 kecamatan yang dilakukan setiap bulan,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Subang, KH Satibi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pengurus  dan pegiat lembaga bahtsul masail atas upaya menghidupkan kegiatan LBM yang mengalami peningkatan serta permintaan maaf apabila PCNU Subang belum bisa maksimal dalam mensupport kegiatan tersebut.

“Semoga kegiatan Bahtsul Masail ini tetap istiqomah dan kedepannya bisa lebih maju lagi,”ujarnya.

Kegiatan Bahtsul Masail ini diawali dengan tawasulan, pengajian kitab Hikam karya Syekh Ibnu `Atho`illah kemudian dilanjutkan dengan membahas aneka masalah hukum.

Turut hadir sebagai perumus dan musohih adalah Rois pcnu Subang, Drs.  KH. Agus Salim, ZH,  Ketua MUI Subang, KH. Abdu Manaf, S. Ag,  Ketua PCNU, KH.Satibi,MM, Ketua PW JRA Jawa Barat, KH. Luthfi almaghribi, KH. Mohammad Abdul Mu’min,  Pengasuh Pesantren Raudlatul Hasanah, Zaenal Mutaqin, Ketua DPC PKB Subang, perwakilan polisi Subang dan utusan dari majlis wakil cabang (mwc), banom dan lembaga  sejumlah undangan lain.

Acara bahtsul masail ini dipimpin oleh moderator,  KH. Aby Humaedi, MA,  pengasuh pondok pesantren salafiyah Ulumul Qur’an, Cipunagara.

Penulis: Anis H. Karim