Kasus Covid-19 Meningkat, Kantor PCNU Subang Ditutup Sementara

Share to :

Subang, NU Online Subang

Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Subang menerbitkan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada para Pengurus Harian PCNU Kabupaten Subang, Pengurus Lembaga dan Badan Otonom NU Kabupaten Subang, Pengurus MWCNU dan Ranting NU Se-Kabupaten Subang.

Dalam Surat Pemberitahuan bernomor 301/PC/Tanf/D-16/VI/2021 tersebut dinyatakan bahwa Kantor PCNU Subang ditutup untuk sementara waktu, hal ini efek dari adanya peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Subang.

 

“Maka dengan ini diberitahukan bahwa Kantor PCNU Kabupaten Subang ditutup sementara.” Demikian salah satu kalimat yang tertuang dalam surat PCNU Subang tertanggal 15 Juni 2021 yang bertepatan dengan tanggal 4 Dzulqa`dah 1442 H.

Dalam surat tersebut dijelaskan alasan penutupan sementara Kantor PCNU Subang, yaitu karena adanya peningkatan jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Subang dan mengacu pada salah satu prinsip yang dipegang oleh NU, yaitu jika dihadapkan dengan dua keadaan; berbuat baik atau mencegah datangnya kerusakan, maka yang harus dipilih adalah mencegah kerusakan.

“Sehubungan dengan semakin meluasnya kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Subang dan mengacu pada prinsip Daf’ul mafasid muqaddamun `ala jalbil mashalih (Mencegah kerusakan lebih diutamakan daripada melaksanakan kebaikan),” sebagaimana tercantum dalam surat tersebut.

 

Dalam surat pemberitahuan yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris PCNU Subang tersebut, dijelaskan bahwa dengan dikeluarkannya surat ini maka secara otomatis kegiatan-kegiatan yang biasa dilaksanakan di Kantor PCNU Kabupaten Subang untuk sementara ditunda.

 

Selain itu, dalam surat ini tidak disebutkan sampai kapan kantor PCNU Subang akan ditutup, namun kemungkinan besar kantor PCNU Subang akan dibuka kembali ketika sudah turun surat pemberitahuan bahwa kantor PCNU Subang sudah dibuka kembali. sebab pada surat edaran tahun 2020 yang lalu pun demikian.