Gandeng Alumni, Pesantren Pagelaran III Siap Gelar Haul dan Harlah Pesantren

Share to :

CISALAK – Setelah 2 tahun terakhir digelar secara terbatas karena pandemi, tahun ini peringatan haul KH. Oom Abdul Qoyyum Muhyiddin sekaligus peringatan Hari Lahir (Harlah) Ke-60 Pesantren Pagelaran 3 akan digelar secara terbuka sebagaimana biasanya di komplek Pesantren Pagelaran III, Desa Gardusayang, Kecamatan Cisalak, Subang pada hari Ahad mendatang (26/6/2022).

Salah seorang panitia kegiatan, Afif Nurseha mengatakan bahwa kegiatan ini terbuka untuk umum dan sejumlah kalangan akan turut hadir, diantaranya para alumni, orang tua santri dan jamaah pengajian.

“Para alumni diharapkan hadir semua karena jangan sampai kita lupa kacang pada kulitnya,” ujarnya.

Afif juga menyampaikan pesan khusus kepada para alumni dengan mengutip sebuah maqolah ulama yang berbunyi; al-ilmu bit ta`allum wal barakah bilkhidmah (ilmu itu bisa diraih dengan belajar dan keberkahan bisa diraih dengan berkhidmah).

“Semoga para alumni pada khususnya dan jamaah serta muhibbin pada umumnya yang turut serta memberikan kontribusi dan hadir pada acara haul ini tercatat menjadi bagian pengkhidmatan kepada guru kita semua sehingga bisa meraih keberkahan,” tambahnya.

Menurutnya, dalam hidup ini keberkahan adalah menjadi yang utama karena dengan hidup berkah hidup akan tenang dan bahagia. “Saya kira semua orang ingin hidup bahagia, maka kebahagiaan itu bisa diraih diantaranya dengan keberkahan,” ujarnya.

Lebih lanjut Afif menjelaskan bahwa peringatan haul merupakan tradisi yang kerap dilaksanakan oleh ummat Islam di Indonesia pada umumnya. Arti kata haul sendiri menurut bahasa artinya satu tahun, sebagaimana kita ketahui bersama salah satu ketentuan wajib zakat maal adalah mencapai haul yang artinya harta tersebut telah mengendap selama satu tahun.

“Dengan begitu secara istilah peringatan haul adalah, peringatan hari wafatnya seseorang dalam hitungan tahun,” jelasnya.

Tradisi yang berjalan di masyarakat dalam pelaksanaannya biasa mengundang sanak famili serta kerabat untuk berkumpul bersama, lalu dalam perkumpulan tersebut dibacakan silsilah Yaasin dan tahlil serta dzikir-dzikir lainnya.

Baca juga: Mantap! Seribu Santri Ponpes Pagelaran 3 Cisalak Subang Divaksin

Untuk informasi rangkaian Acara Harlah Haul Mama Pagelaran, KH. Oom Abdul Qoyyum Muhyiddin dan Harlah Ke-60 Pesantren Pagelaran 3 akan dimulai pada hari ini Sabtu 25 Juni 2022 Pukul 15.00-17.00 dengan Ziarah Makbaroh di Pesantren Pagelaran 1 dilanjutkan dengan Istighosah Pukul 19.30-20.30 dan temu alumni pukul 20.30-selesai di Pesantren Pagelaran 3.

Acara Puncak diselenggarakan pada hari Ahad 26 Juni 2022 di Gedung Serbaguna (GSG) Pesantren Pagelaran 3 mulai pukul 08.00 wib. – selesai. Tabligh Akbar bersama Habib Umar bin Husein Assegaf, Halal bihalal, Donor Darah & Bazar UMKM.

“Kami mengharapkan doa dari semuanya mudah-mudahan acaranya bisa lancar sesuai rencana, amiin..,” pungkasnya.