Dokter NU Jawa Barat Bahas Virus Corona di Acara Pelantikan

Share to :

Karawang, NUSubang.or.id – Saat ini para dokter NU di Jawa Barat sudah punya wadah atau organisasi tempat silaturahmi membangun akhlak dan keilmuannya di bidang kedokteran, organisasi para dokter NU Jawa Barat ini dikukuhkan dalam kegiatan Pelantikan Pengurus Wilayah Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PW PDNU) Jawa Barat yang digelar di Hotel Mercure Karwang. Sabtu (7/3/2020).

PP PDNU menyerahkan SK Kepengurusan PDNU Jawa Barat di acara pelantikan

Dalam kegiatan pelantikan PDNU Jawa Barat ini sekaligus digelar sejumlah kegiatan diantaranya adalah seminar membahas isu kesehatan yang saat ini santer jadi sorotan dunia, yakni virus corona (COVID-19) dan membahas tentang perlindungan tenaga medis di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Ketua Panitia acara, dr. H. Deddy Ferry Rachmat, MKM mengatakan selain kegiatan pelantikan PW PDNU Jawa barat serta seminar virus corona dan perlindungan tenaga medis, dalam kesempatan ini juga digelar kegiatan Rapat kerja Cabang (Raker) Pengurus Cabang PDNU Kabupaten karawang yang sebelumnya sudah dibentuk kepengurusannya.

“Alhamdulillah acara ini merupakan gabungan seminar tentang COVID-19 yang lagi trending topik nasional ditambah dengan materi tentang perlindungan tenaga medis di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Rapat Kerja PDNU Cabang Karawang serta Pelantikan Pengurus Wilayah PDNU Prov. Jawa Barat,”tambahnya.

Ditambahkannya, para peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 180-an dokter yang ada di Jawa Barat diantaranya adalah  para dokter yang berdomisi di Karawang, Bandung, Purwakarta, Bekasi, Depok dan Cirebon.

Dalam kesempatan itu, Ketua PDNU Jawa Barat yang baru saja dilantik, dr. Argen R.S Rombot mengatakan bahwa PDNU diharapkan mampu menjadi penopang NU dalam menegakkan bendera ahlussunah wal jamaah an-nahdliyah di bidang kedokteran dan kesehatan.

“PDNU adalah garda terdepan di bidang kedokteran dan kesehatan untuk NU, mengutip paragraf akhir Mars NU: Engkau panji martabatku, siapa datang mengancamu kan binasa di bawah dulimu” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri yang turut hadir sekaligus membuka acara kegiatan ini menyambut baik keberadaan Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Kabupaten Karawang dan terbentuknya PDNU wilayah Jawa Barat, hal tersebut disampaikannya saat memberi sambutan pada acara.

Baca juga: Dokter NU Minta Masyarakat Tidak Panik Hadapi Virus Corona

“Mewakili Pemerintah Daerah, kami mendukung penuh semua kegiatan  yang akan dilaksanakan oleh PDNU cabang Karawang maupun Wilayah Jawa Barat yang pada akhirnya akan mewujudkan gerakan perbaikan khususnya di bidang kesehatan dan kedokteran bagi umat” kata Sekda.

Sekda berharap Gerakan PDNU Karawang dan PDNU Jawa Barat akan bersinergi dengan Pemerintah Daerah mewujudkan Karawang yang sehat, sejahtera dan Berjaya serta Jawa Barat juara lahir bathin. Diakhir sambutannya, Sekda menggelorakan semangat Ya Lal Wathan (pemuda cinta tanah air) dan mengajak seluruh instrumen daerah untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan. (Aiz Luthfi)