Cegah Penyebaran Covid-19, LKNU Subang Gelar Tes Antigen di Pesantren

Share to :

Cipunagara, NU Subang Online

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Subang melaksanakan pemeriksaan dan tes Swab Antigen SARS-Cov2 Covid-19 di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an, Kunir, Cipunagara. Ahad (20/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut, LKNU menggandeng Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) dan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Kabupaten Subang.

Ketua LKNU Kabupaten Subang, H Edi Supriadi mengatakan bahwa saat ini pergerakan covid-19 secara nasional semakin agresif, termasuk di Kabupaten Subang. Berangkat dari peristiwa tersebut, pihaknya menggelar tes SWAB untuk para santri yang baru datang ke pesantren.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari ikhtiar kami dalam mengidentifikasi sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Subang,” ungkap Haji Edi usai acara.

Ia menambahkan, LKNU Subang melakukan tes Swab kepada para santri yang belum diketahui kondisi kesehatannya, sebab dari target 200 orang santri ada beberapa yang sudah melakukan Swab secara mandiri yang dilaksanakan di tempat masing-masing.

“Ada beberapa santri yang sudah Swab mandiri di tempat masing-masing sebelum berangkat ke pondok,” tambahnya.

Dilaporkan Haji Edi, dari hasil pemeriksaan ditemukan beberapa santri yang rapid gen-nya reaktif, maka petugas pemeriksa menyarankan kepada santri tersebut untuk kembali ke rumahnya dan melakukan isolasi mandiri selama 10-14 hari.

“Tentu dengan pengawasan dari puskesmas setempat dan hasilnya pun dilaporkan ke Satgas Kabupaten,” imbuhnya.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Ulumul Qur`an Kunir, KH Humaedi, MA mengatakan bahwa sebelumnya pihak pesantren sudah mewajibkan kepada para santri agar melaksanakan Swab antigen sebagai salah satu syarat masuk ke pesantren.

“Hal ini bertujuan agar kami bisa memastikan semua santri aman dari paparan Covid-19,”pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PPNI Kabupaten Subang, Tommy Hidayat menyampaikan bahwa pihaknya siap menurunkan sejumlah tenaga medis untuk bersinergi dengan LKNU dan PDNU dalam melaksanakan kegiatan serupa di beberapa pesantren.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk menekan angka penyebaran covid-19 di Kabupaten Subang, jadi pada dasarnya kami siap bersinergi dengan LKNU maupun PDNU,” tutup Abi Tommy yang juga Wakil Ketua LKNU Subang.

Selain tes Swab Antigen, dalam kegiatan tersebut PC LKNU juga menggelar acara Penyuluhan, Konsutasi dan Pemeriksaan Kesehatan serta Ruqyah Aswaja dan Bekam.