PCNU Subang Studi Banding ke PCNU Cianjur, Inilah Beberapa Poin Laporannya

Share to :

Berikut ini adalah beberapa informasi yang didapatkan PCNU Subang saat studi banding ke PCNU Cianjur. Ahad, 6 September 2020.

Poin-poin ini dirangkum dan dilaporkan oleh H Aa Sutisna Rusydi, S.Pd yang ikut hadir dalam kegiatan studi banding tersebut.

1. PCNU Cianjur sebagai pelopor pembentukan Ikatan Santri Nahdlatul Ulama se-Indonesia, latar belakang berdirinya organisasi ini adalah karena merasa ironis dengan fakta bahwa hari santri sudah ada (22 Oktober), tetapi sayangnya wadah santri belum ada, untuk para pelajar NU ada IPNU/IPPNU, untuk guru ada Pergunu, mahasiswa ada PMII, buruh ada Sarbumusi, dan seterusnya.

2. Untuk menggerakan roda organisasi ada 3 pelaku yang diperankan yaitu :

  • Jajaran Syuriah sebagai pembuat kebijakan.
  • Jajaran Tanfidziyah sebagai pembuat program yang sesuai dengan kebijakan syuriyah.
  • Lembaga sebagai eksekutor program/kegiatan yang sesuai dengan program tanfidziyah.

3. Sumber Keuangan atau Dana untuk menggerakan organisasi di PCNU Cianjur bersumber dari :

  • Iuran seluruh pengurus rutin tiap bulan berupa Infaq dari koin NU yg digerakkan Muslimat NU, Fatayat NU, MWCNU, Ranting NU.
  • Menjalin kemitraan (kerjasama dengan beberapa perusahaan di Cianjur dan luar Cianjur)
  • Aspirasi anggota DPRD.
  • Para Donatur tetap.
  • Dana Hibah Pemda Cianjur.

Tapi yg terbanyak dari menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan seperti Djarum, Rumah Sakit dan perusahaan lainnya.

4. Seluruh administrasi organisasi dipusatkan di gedung PCNU dengan fasilitas lengkap tiap ruangan Tanfidiyah , Banom dan lembaga, semuanya di bawah koordinasi Staf Ahli Kesekretariatan.

5. Ada pertemuan dan pengajian rutin pengurus dan Muslimat NU di Kantor setiap hari ahad. Selain itu ada piket pengurus secara bergantian di Kantor PCNU dan terjadwal.

6. Terus meningkatkan kemampuan pengurus dengan mengikuti berbagai pelatihan.

7. Melakukan wiridan khusus, terutama dilakukan oleh jajaran Syuriah dan terus berdoa agar organisasi NU diberikan kemudahan dan menjaga soliditas pengurus setiap saat.

8. Melakukan aksi aksi sosial, seperti bantuan kepada rakyat miskin, bantuan operasi katarak, bantuan kaki palsu, bantuan atau santunan dan lain lain.

Semoga menjadi spirit untuk kemajuan NU Subang. Amiin…