PCNU Subang Didorong Buat Program NU Subang Award

Share to :

Subang, NU Subang Online

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Jawa Barat mengadakan program NU Jabar Award untuk yang kedua kali kalinya. Mengingat masih pandemi, proses penilaian dalam kompetisi internal untuk mencari PCNU terbaik itu digelar secara daring berdasarkan bukti file yang diunggah ke dalam aplikasi.

Sekretaris PWNU Jawa Barat, H Asep Saepudin Abdillah saat melakukan kunjungan supervisi ke Kantor PCNU Kabupaten Subang di Jalan Darmodiharjo No 4, Sukamelang, Subang, Sabtu (21/8/2021).

“Harus kita akui bersama bahwa salah satu persoalan internal kita yang sampai hari ini belum selesai adalah masalah tertib administrasi,” ungkap H Asep di hadapan sejumlah pengurus PCNU Kabupaten Subang yang turut hadir.

Untuk itu, sambungnya, ia mengajak kepada jajaran pengurus PCNU Kabupaten Subang agar menjadikan ajang PWNU Jabar Award ini sebagai momentum untuk membenahi manajemen organisasi terutama dalam hal tertib administrasi.

Dalam kesempatan tersebut, H Asep mendorong kepada PCNU Kabupaten Subang untuk melakukan hal yang sama dengan PWNU Jawa Barat, yaitu mendorong para pengurus MWCNU agar melakukan pembenahan internal dengan misalnya mengadakan NU Subang Award.

“Kalau bisa PCNU Subang mengadakan kegiatan misalnya NU Subang Award, tujuannya tadi, mari kita benahi secara bersama-sama,”tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong kepada seluruh PCNU yang ada di Jawa Barat untuk serius dalam mengerjakan setiap instrumen penilaian yang ada dalam standar atau bidang yang sudah ditentukan oleh PWNU Jawa  Barat.

“Adapun nanti misalnya menang, anggap saja itu bonus karena inti dari PWNU Jabar Award ini adalah penataan dan pembenahan organisasi,” tegasnya.

Dijelaskannya, ada 5 standar yang akan dinilai dalam program NU Jabar Award ini, yaitu bidang administrasi dan kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), dakwah, pendidikan, dan ekonomi.

Penentuan juara, kata dia, berbeda dengan sebelumnya. Jika pada NU Jabar Award pertama ada juara I, II dan III, maka kali ini pemenangnya berdasarkan pada bidang-bidang yang ada dalam 5 standar tersebut.

“Misalnya bidang dakwah dimenangkan oleh PCNU A, ekonomi oleh PCNU B, juara bidang pendidikan oleh PCNU C, dan seterusnya sampai 5 bidang. Jika ada PCNU yang dapat 3 bidang maka akan jadi juara umum,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Subang menyambut baik kehadiran PWNU Jawa Barat di Kantor PCNU Subang, pihaknya mencoba melakukan koordinasi dengan sejumlah pengurus untuk mengukur sekaligus membaca beberapa kemungkinan yang akan terjadi jika mengadakan program PCNU Subang Award.

“Tidak menutup kemungkinan kami juga akan mengadakan NU Subang Award, namun perlu dimusyawarahkan lebih lanjut,” pungkasnya.