Cibogo, NU Subang Online

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Cibogo rampung membentuk kepengurusan Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor. Musyawarah pembentukan sayap organisasi GP Ansor itu dilaksanakan di Bale Ansor Desa Cibogo, Rabu (9/8/2023) malam.

“Sebenarnya kegiatan dzikir dan shalawatnya sudah berjalan, kita rutin membaca Ratib Al-Haddad, musyawarah ini untuk lebih menguatkan agar kegiatan dan amaliyah NU bisa lebih eksis di Cibogo,” ungkap Ketua PAC GP Ansor Cibogo, Rachmat, S.Sy.

Rachmat menjelaskan, MDS Rijalul Ansor adalah wadahnya para kiai muda kader Ansor. Oleh karena itu, harus dimanfaatkan dengan baik untuk menempa diri dan mengajak kaula muda yang telah selesai menempa pendidikan di pondok pesantren agar saling bisa langsung ikut bergabung dengan kebiasaan dipondok pesantren.

“Agar alumni-alumni pesantren bisa lebih mengaktualisasikan diri dan mengamalkan ilmu yang didapat dari pesantren,” tambah dia.

Sementara itu, dalam musyawarah tersebut  Agus Priyono, S.Kom ditunjuk menjadi Ketua MDS Rijalul Ansor, Angga Jeje jadi Wakil Ketua, Fahrul di posisi Sekretaris dan Waspan jadi bendahara.

Sekilas tentang MDS Rijalul Ansor

Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor merupakan lembaga semi otonom di setiap tingkatan yang diangkat, disahkan dan diberhentikan oleh pimpinan Gerakan Pemuda Ansor di masing-masing tingkat kepengurusan.

“Tugas lembaga ini antara lain untuk menghidupkan kembali tradisi-tradisi ke-NU-an, misalnya shalawatan, tahlilan, istighotsah, peringatan hari besar Islam,” kata Sekretaris Rijalul Ansor Bondowoso Abdussalam sebagaimana dikutip dari NU Online.

Dalam peraturan organisasi GP Ansor, Rijalul Ansor dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor sebagai implementasi visi revitalisasi nilai dan tradisi dan misi internalisasi nilai Aswaja dan sifat-sifat Rasul dalam Gerakan Pemuda Ansor.

Majelis ini dibentuk mulai dari Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan ranting di seluruh Indonesia.

Abdussalam berharap Rijalul Ansor juga berdiri di Kecamatan Sempol dan memperdayakan para pemuda setempat untuk turut bergabung. “Nanti kalau sudah membentuk pengurus RA (Rijalul Ansor) kalau bisa cari (kader) yang lain yang masih belum masuk di pengurus PAC GP Ansor,” katanya.