Gandeng P4TK IPA, Pergunu Jabar Tingkatkan Kompetensi Guru IPA Jenjang SD.

Share to :

Bandung, Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Barat bekerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) melaksanakan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran IPA Jenjang SD berbasis STEM yang terintegrasi dalam Kurikulum 2013 di Aula Kantor PCNU Kabupaten Sumedang Jl. Kutamaya No. 25 Komplek Islamic Center Kab Sumedang yang dilaksanakan selama empat hari tanggal 9 s.d 12 Nopember 2020.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 orang guru SD berasal dari Kabupaten Sumedang yang berada di naungan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Barat.

Disela-sela pembukaan kegiatan Bimtek tersebut, Ketua Pergunu Jawa Barat Dr H Saepuloh mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kemitraan Pergunu Jawa Barat dengan PPPPTK IPA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Dana pelaksanaan kegiatan ini semuanya berasal dari DIPA PPPPTK IPA Kemendikbud RI Tahun 2020” tutur Saepuloh

Lebih lanjut, Saepuloh berharap melalui Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran IPA Jenjang SD berbasis STEM yang terintegrasi dalam Kurikulum 2013 ini, diharapkan terwujudnya peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran IPA berbasis STEM.

“Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD dalam melaksanakan pembelajaran IPA yang melatih keterampilan abad 21 dengan menggunakan pendekatan STEM” tutur Saepuloh

Sementara itu, menurut Drs Mamat Supriatna, M.Pd program kemitraan yang dijalin oleh PPPPTK IPA dengan Pergunu Jawa Barat ini diharapkan semua program PPPPTK IPA dapat tersampaikan dan dapat diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan IPA binaan organisasi masyarakakat dan keagamaan, khususnya Pergunu Jawa Barat sebagai organisasi profesi guru dibawah binaan Nahdlatul Ulama. (Cahya)