Alhamdulillah, PCNU Subang Raih Juara di Ajang NU Jabar Award

Share to :

Bandung, NU Subang Online

Alhamdulillah, PCNU Kabupaten Subang berhasil menyabet juara pertama untuk kategori atau bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di ajang NU Jabar Award. Pengumuman para pemenang dalam kompetisi antar PCNU se-Jawa Barat itu disampaikan langsung di Aula PWNU Jawa Barat, Bandung, Sabtu (23/10/20210).

Ketua PCNU Subang, KH Satibi menerima hadiah dari PWNU Jawa Barat

“Alhamdulillah, anugerah ini patut kita syukuri bersama karena untuk mendapatkan juara ini kita harus berkompetisi dengan PCNU se-Jawa Barat,” ungkap Muhajirin, Wakil Sekretaris PCNU Subang yang ditunjuk jadi admin PCNU Subang untuk suksesi NU Jabar Award.

Muhajirin menambahkan, pemenang dalam ajang bergengsi di tingkat PWNU Jawa Barat ini berbeda dengan sebelumnya, sebab pemenang pada kompetisi kali ini dilihat berdasarkan bidang yang sudah ditentukan oleh panitia. Adapun lima kategori bidang tersebut meliputi bidang administrasi dan kelembagaan, sumber daya manusia, dakwah, pendidikan dan ekonomi.

“Untuk Subang masuk juara dalam bidang sumber daya manusia” jelasnya.

Selain Subang, kata dia, ada beberapa PCNU yang mendapatkan juara yaitu untuk bidang administrasi dan kelembagaan diraih oleh PCNU Sumedang, bidang dakwah sekaligus bidang pendidikan oleh PCNU Garut dan untuk bidang ekonomi diraih oleh PCNU Kabupaten Cirebon.

“Garut dapat dua juara karena data-data atau dokumennya cukup lengkap,” imbuhnya.

Muhajirin mendorong kepada para pengurus NU Subang di semua tingkatan agar bisa lebih memperhatikan dokumen atau data di setiap program atau kegiatan karena hal itu penting untuk dijadikan sebagai bahan acuan organisasi.

“Dokumen organisasi itu sangat penting, pertama untuk kepentingan administrasi organisasi, tanpa dokumen organisasi akan dianggap tidak ada, misalnya, pengurus jika tidak ada dokumen SK maka akan dianggap tidak sah,”

Kedua, sambung Muhajirin, dokumen organisasi juga sangat berarti untuk jangka panjang sebab bisa dijadikan sebagai sumber sejarah untuk menggali perjalanan organisasi. Sebagai contoh, perjalanan sejarah NU Subang sudah ada sejak awal kemerdekaan, namun sayangnya belum ditemukan arsip atau dokumen sejarahnya. Hal ini baru berdasarkan kisah dari salah seorang pelaku sejarah.

“Dan terakhir, dokumen itu sangat diperlukan untuk kepentingan acara semacam NU Jabar Award ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Muhajirin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pengumpulan berbagai macam dokumen sehingga dengan dokumen-dokumen tersebut bisa menambah poin untuk PCNU Subang.

“Terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada para pengurus PCNU Subang berikut lembaga dan banomnya yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini,” pungkasnya.