Perkokoh Tarekat di Kalangan Milenial, Matan Subang Dilantik

Share to :

SUBANG, NUSubang.or.id – Pengurus Cabang Mahasiswa Ahlit Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (PC Matan) Kabupaten Subang resmi dilantik oleh Ketua PW Matan Jawa Barat, DR. H. Ajid Thohir, pelantikan tersebut digelar usai dilaksanakan kegiatan Manaqib Kubro JATMAN di Kantor PCNU Subang. Jum`at (29/2/2020) malam.

Ketua Matan Jabar Dr. KH. Ajid Tohir saat melantik Pengurus Matan Kabupaten Subang di Gedung PCNU Subang, Jumat malam (28/2).

Dalam sambutannya, Kang Ajid sangat mengapresiasi dan merasa gembira dengan munculnya Matan dan ghiroh thoriqoh al-mutabaroh an-nahdliyah di kalangan milenial Kabupaten Subang, sebab hal itu merupakan amanat dan keinginan dari Rais Amm JATMAN, Abah Maulana Habib Luthfi bin Yahya.

“Dengan adanya Matan ini maka ada regenerasi ajaran Aswaja sesuai amanat Abah Habib Luthfi Bin Yahya,”Ungkap Sejarawan UIN Bandung itu.

Melalui Matan, sambungnya, akan terbentuk kebaikan yang terorganisir hal ini penting sekali sebab Sayyidina Ali Karamallahu wajhah menyatakan bahwa, Al-haqqu bila Nidzam Yablughul Baathilu Binnidzam (kebenaran yang tidak terorganisir maka akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir).

Dikatakannya, karena Matan ini adalah ‘anaknya’ JATMAN maka sebagai pengurus harus sam`an wa tho`atan kepada para sesepuh yang ada di JATMAN dan selalu siap siaga membantu melaksanakan program yang sudah diagendakan oleh JATMAN seperti misalnya kegiatan manaqiban kubra ini.

“Para pengurus Matan insyaallah tidak akan terbawa ajaran radikalisme karena dimensi spiritualnya telah  terisi dengan ajaran tarekat,”tambanya.

Pelantikan MATAN Subang di Kantor PCNU

Dalam kesempatan yang sama, Mudir JATMAN Kabupaten Subang, KH. Dadan Hamdani menyatakan bahwa untuk menjadi seorang salik atau pengamal tarekat tidak harus menunggu tua, sebaliknya kalangan muda milenial pun sangat dianjurkan untuk belajar ilmu tasawuf dan masuk dalam dalam salah satu tarekat yang mu`tabaroh.

“Dengan menjadi bagian dari pengurus Matan Insyalallah hidup kita akan lebih terarah dan berpijak pada jalan yang lurus dan benar,”tandasnya.

Baca juga: Sebelum Dikukuhkan, Calon Pengurus Matan Subang Sowan ke Rois Jatman KH. Nawawi Kustana

Sementara itu, Ketua Matan Kabupaten Subang, Abdul Iman (Azmat Maula) mengatakan bahwa Matan akan senantiasa membangun sinergitas bersama Banom NU yang lain untuk senantiasa membumikan ajaran Aswaja  melalui thoriqoh. (Dadan Ramdan/Aiz Luthfi)