Penyandang Disabilitas di Subang Semangat Ikuti Diklatsar Banser

Share to :

Darsim (22),Seorang penyandang Disabilitas (Cacat Fisik) tercatat sebagai peserta Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang diadakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cipunagara (29/10 – 1/11/2020).

Darsim (ketiga dari kiri) saat mendapatkan penghargaan dengan mendapatkan hadiah berupa seragam lengkap pakaian Banser dari Ketua PC GP Ansor Subang, Asep Alamsyah Heridinata

Kendati memiliki keterbatasan kondisi fisik, ternyata tidak mengurangi semangat Darsim untuk mengikuti tahapan demi tahapan Diklatsar dengan semi militer tersebut sehingga ia dinyatakan lulus sebagai anggota Banser dan mendapatkan penghargaan dari Ketua PC GP Ansor Subang, Asep Alamsyah Heridinata berupa seragam lengkap Banser.

Kepada PUTARAN.id, Darsim yang tinggal di Kampung Cimahi 01, Desa Sidamulya, Kecamatan Cipunagara, Subang tersebut mengaku keterlibatan dirinya mengikuti Diklatsar Banser karena atas dasar keinginan sendiri yang kuat untuk masuk menjadi anggota Banser. Bapak satu anak ini juga mengaku bahwa dirinya hanya seorang kuli pemasang tenda dan sound system. Hal itu yang membuatnya jatuh hati pada pilihan untuk ingin bergabung dan menjadi anggota Banser.

“Kalau ada kerjaan di acara pengajian, saya selalu melihat anggota Banser selalu ngawal acara dan Kiyainya. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan Banser. Karena itu, saya siap mengawal Kyai dan mempertahankan NKRI,” kata Darsim usai dibai’at, Minggu (1/11/2020).

Darsim menganggap selama acara Diklatsar berlangsung, tidak ada kesulitan dan kendala yang berarti. Suasananya ramai dan membuatnya senang.

“Semoga saya bisa menjadi Banser yang bermanfaat yang bisa membantu sesama manusia,” katanya.

Selain itu, lanjut Darsim, keinginannya menjadi anggota Banser ternyata sudah mendapatkan restu dari orang tua dan istrinya. “Alhamdulillah keluarga sangat mendukung. Meski kondisi seperti ini (cacat fisik, red), saya tetap semangat karena dilandasi oleh keikhlasan mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Jadi enjoy aja,” pungkasnya.

Sementara Ketua PC GP Ansor Subang, Asep Alamsyah Heridinata, mengapresiasi atas keinginan dan semangat Darsim yang ingin ikut menjadi anggota Banser.

“Walaupun dengan kondisi keterbatasan fisik yang dimilikinya, saya sangat mengapresiasi kepada Darsim atas keinginan dan semangatnya itu. Tentu ini menjadi cerminan dan motivasi kepada seluruh Anggota Banser agar bisa belajar dari sahabat Darsim atas semangatnya yang luar biasa,” tandas Asep