Instruksi Mendagri Terbaru: Kabupaten Subang Kembali ke Level 3 PPKM Covid-19

Share to :

Jakarta, NU Subang Online

Pemerintah mengeluarkan Surat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3 dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali Tanggal 30 Agustus 2021 dan berlaku hingga tanggal 6 September 2021 mendatang.

Menteri Luhut menyampaikan siaran pers terkait PPKM di kanal Youtube Sekretariat Presiden

Dalam surat Instruksi Mendagri (Inmendagri) tersebut menyebutkan bahwa Kabupaten Subang masuk level 3 PPKM, sebelumnya, Subang masuk Level 2. Selain Subang, ada beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang masuk ke Level 3.

Kabupaten/Kota tersebut adalah Kabupaten Kuningan, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Banjar, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Sumedang.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Kantor PCNU Subang Ditutup Sementara

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan dalam siaran pers mengungkapkan bahwa semua pihak harus tetap waspada agar tidak ada peningkatan kasus kembali.

“Semua harus super waspada karena banyak negara lain yang di dunia ini yang masih menghadapi kasus yang tinggi, jika kita tidak hati-hati kita juga bisa menghadapi peningkatan kasus lagi,” kata Jenderal Luhut dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang sedang teridentifikasi atau terinveksi Covid-19 agar tidak berkeliaran di ruang publik, hal ini bertujuan agar tidak terjadi penularan dan penyebaran virus kepada orang lain.

“Jika masih memaksa masih melakukan aktivitas di ruang publik, mereka langsung dievakuasi, diisolasi atau dikarantina terpusat,” tegasnya.

Selain itu, ia pun menyampaikan aturan aktifitas ruang publik, diantaranya selama penerapan PPKM level 3-4 seminggu ke depan, supermarket, pasar tradisional hingga toko kelontong diperbolehkan buka hingga pukul 21.00 WIB. Sebelumnya, dalam Inmendagri Nomor 35 Tahun 2021 supermarket, pasar tradisional hingga toko kelontong hanya boleh buka sampai pukul 20.00 setempat.

Sementara itu, untuk kegiatan di pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 50% dan jam operasional sampai pukul 21.00 waktu setempat. Di Inmendagri sebelumnya pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan hanya boleh buka sampai pukul 20.00 waktu setempat.