Innalillahi, Pencipta Kaligrafi Tahiyat Akhir Wafat

Share to :

Sumedang, NUSubang.or.id – Kabar duka datang dari Sumedang, pasalnya pencipta kaligrafi dengan bentuk seperti orang yang sedang melakukan tahiyat akhir, KH Alan Dahlan Ahmad Marzuki (ADAM), meninggal dunia. Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada hari rabu 5 Februari 2020 pukul 18.16 WIB.

KH. Alan Dahlan Ahmad Marzuki (ADAM), Pencipta kaligrafi dua kalimat syahadat duduk tasyahud

“Bapak wafat di usia 85 Tahun dan meninggalkan satu orang istri, 5 anak, 10 cucu dan 6 cicit,”Ungkap salah seorang puteri Kiai ADAM, Hj Pipit Badriyah melalui aplikasi chatting WhatsApp. Senin (10/2/2020)

Ditambahkan Hj Pipit, kaligrafi tahiyat akhir tersebut dibuat Kiai Adam pada tahun 1967, pembuatan kaligrafi ini terinspirasi saat melihat gurunya Kiai ADAM sedang melakukan tahiyat akhir saat melaksanakan shalat.

“Kaligrafi tersebut dibuat oleh Bapak pada tahun 1967,”Ujar Hj Pipit.

Kaligrafi Dua Kalimat Syahadat karya KH ADAM

Lebih lanjut Hj Pipit menambahkan, Kiai Adam merupakan sosok bersahaja yang mencintai dunia seni, terutama kaligrafi, dari tangannya banyak melahirkan karya kaligrafi yang indah, karyanya yang paling fenomenal dan banyak beredar di masyarakat adalah Kaligrafi Dua Kalimat Syahadat yang ia tuangkan dalam bentuk sosok yang sedang duduk tasyahud akhir.

Uniknya, walaupun karyanya sudah banyak beredar di kalangan masyarakat Islam nasional maupun global, namun ia tidak menerima sepeserpun royalti dari buah karyanya itu. Semoga beliau husnul khotimah, mendapat ni`mat kubur dan menjadi ahli surga serta kaligrafinya yang sudah beredar dapat menjadi royalti pahala di yang berlipat ganda.. amin. (Aiz Luthfi)