Antisipasi Banjir, PAC Ansor Pamanukan Bersihkan Sungai

Share to :

SUBANG – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang melakukan bersih-bersih sungai.

Hal itu dilakukan untuk mengantiaipasi musibah banjir karena di wilayah Pamanukan seringkali terjadi banjir saat musim hujan. Bersih-bersih dilakukan di sepanjang sungai Kalensema karena sebagai titik rawan banjir.
Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pamanukan, Hamdan Fuadi Rofie mengatakan, bersih-bersih sungai difokuskan membersihkan tumpukan sampah dan mengangkat lumpur yang menjadi alasan tersendatnya aliran air di sungai tersebut.

“Jika tidak segera diangkat tumpukan sampah ini, aliran air akan tersendat. Apalagi jika hujan lebat yang mengakibatkan bertambahnya volume air, pastinya banjir tak terelakkan lagi di wilayah ini,” ujar Hamdan disela-sela membersihkan sungai Kalensema di Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan, Kamis (2/1/2019).
Dalam giat bersih-bersih sungai tersebut, pihaknya mengerahkan sejumlah pengurus PAC, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) hingga sejumlah kader-kader GP Ansor di wilayah koordinasinya itu.
“Alhamdulillah, mereka sangat antusias dalam rangka bersih-bersih sungai ini. Ini tentu sebagai gerakan moral, karena sebagai asli warga Pamanukan, kami merasa terpanggil untuk memberikan yang terbaik,” ujarnya.
“Bertindak saat banjir terjdi itu biasa, namun kami berpikir harus bertindak seblum banjir datang tentu sangat luar biasa,” tutupnya. (Ade Mahmudin)